4 Jenis Pembiayaan Ekspor Impor Yang Perlu Diketahui Oleh Pemilik Usaha
Bisnis

4 Jenis Pembiayaan Ekspor Impor Yang Perlu Diketahui Oleh Pemilik Usaha

Pembiayaan ekspor impor dapat mengoptimalkan peluang bisnis terutama di pasar global yang sekarang sudah bisa dijumpai. Pasar global saat ini memang menjadi peluang yang sangat menjanjikan bagi para pelaku bisnis. Hal ini bisa dilihat terutama dalam hal ekspor impor yang sekarang semakin merebak.

Namun tentunya melakukan transaksi bisnis di pasar internasional tidaklah mudah. Berbagai hal perlu menjadi bahan pertimbangan bagi pebisnis agar bisnisnya tersedbut dapat terus eksis secara kontinyu. Salah satu aspek yang perlu dipertimbangkan adalah pembiayaan ekspor impor yang menjadi bagian penting dalam bisnis. Hal ini bahkan menjadi kunci utama dalam mengoptimalkan peluang bisnis.

Pembiayaan yang dianggarkan untuk menjalankan ekspor impor merupakan solusi keuangan yang mendukung aktivitas perdagangan antar negara. Dalam proses ekspor impor pastinya terdapat beberapa permasalahan.

Umumnya segala permasalahan tersebut dapat diatasi dengan menggunakan pembiayaan yang tepat. Berikut ini adalah beberapa jenis pembiayaan ekspor impor yang dapat digunakan untuk menjalankan dan mengembangkan bisnis.

Pembiayaan Ekspor Impor Berupa Letter of Credit atau LC

4 Jenis Pembiayaan Ekspor Impor Yang Perlu Diketahui Oleh Pemilik Usaha

Letter of Credit atau yang juga sering disebut LC merupakan salah satu jenis pembiayaan ekspor impor yang pertama. Dimana istilah ini umumnya sudah dipahami dengan baik oleh siapa saja yang berkutat di bidang bisnis. Terutama Anda yang saat ini sedang bergulat dengan bisnis eksor dan impor.

LC ini pada dasarnya adalah salah satu instrumen pengaman yang umum digunakan dalam perdagangan internasional. Pada transaksi ekspor umumnya pihak pembeli akan membuka LC di banknya. Hal ini dilakukannya dengan maksud sebagai jaminan pembayaran kepada pihak penjual. Sedangkan pada transaksi impor umumnya dibutuhkan pula LC.

Biasanya pihak pembeli akan membuka LC di banknya sebagai jaminan penerimaan barang dari pihak penjual. Maka bagi ekspr maupun impor sama-sama perlu membuat LC ini untuk berbagai kepentingan.

LC sendiri pada dasarnya dapat memberikan manfaat tersendiri baik bagi pihak penjual maupun pembeli. Letter of Credit ini setidaknya dapat memberikan keamanan bagi kedua belah pihak dalam melakukan transaksi ekspor ataupun impor.

Pembiayaan Ekspor Impor Via Bank Garansi

Bentuk lain dari pembiayaan ekspor impor yang juga perlu dikenal adalah bank garansi. Istilah ini mungkin masih belum dipahami benar oleh para pebisnis stratup.

Namun sebenarnya bank garansi merupakan bagian penting yang perlu dijalankan dalam mengembangkan bisnis. Terutama dalam mengembangkan bisnis di bidang ekspor dan impor yang di masa kini dapat semakin cepat pertumbuhannya.

Cara Mendaftarkan Akun Jack untuk Kemudahan Finansial Perusahaan Anda

Bank garansi sendiri sebenarnya merupakan salah satu bentuk pembiayaan yang memberikan jaminan pembayaran kepada pihak penjual. Oleh karena itu bank garansi seringkali dijadikan sebagai solusi untuk permasalah bisnis yang dihadapi baik oleh pelaku bisnis impor maupun ekspor.

Dalam transaksi ekspor impor umumnya bank garansi dapat digunakan sebagai alternatif ketika LC tidak bisa diperoleh. Sedangkan bank garansi ini sendiri bisa dipandang sebagai suatu janji dari bank untuk membayar pihak penjual jika pihak pembeli tidak dapat memenuhi kewajibannya. Oleh karena itu segala ketentuan untuk menjalankan bank garansi ini bisa menjadi perhatian bagi para pelaku bisnis.

Pembiayaan Ekspor Impor Melalui Factoring

Factoring juga menjadi bentuk lain dari pembiayaan ekspor impor. Hal ini sebenarnya merupakan suatu pembiayaan yang melibatkan perusahaan faktor untuk membeli piutang dagang. Tentunya dalam hal ini piutang dagang dibeli oleh perusahaan faktor dari pihak ekspor. Transaksi di bidang ekspor dan impor memang seringkali melibatkan perusahaan faktor.

Dalam transaksi ekspor impor biasanya perusahaan faktor akan memberikan pembiayaan kepada pihak ekspor. Hal ini dilakukannya dengan suatu cara khusus yang sudah sering terjadi dalam bisnis ekspor dan impor. Jadi pembiayaan ini diberikan dengan membeli piutang dagang.

Tentu saja piutang dagang yang dibeli oleh pihak perusahaan faktor ini merupakan piutang dagang yang belum jatuh tempo. Dengan kata lain factoring dapat membantu meningkatkan cash flow perusahaan ekspor.

Tak hanya itu saja namun factoring juga memiliki manfaat penting lainnya. Misalnya saja factoring ini dapat mengurangi risiko ketidakmampuan pembayaran dari pihak pembeli.

Asuransi Kredit Ekspor

Satu lagi bentuk pembiayaan ekspor impor yang juga sudah familiar bagi para pelaku bisnis. Bentuk pembayaran yang dimaksud dalam hal ini adalah asuransi kredit ekspor. Asuransi kredit ekspor memiliki fungsi tersendiri yang menguntungkan bagi eksportir. Diantaranya adalah melindungi eksportir dari risiko gagal bayar yang mungkin terjadi pada pihak pembeli.

Jadi asuransi ini memberikan jaminan pembayaran kepada eksportir. Jaminan pembayaran ini utamanya diterapkan jika pihak pembeli sudah tidak mampu lagi memenuhi kewajibannya.

Bisa dibilang bahwa pihak pembeli jadi mangkir sehingga hal ini cenderung merugikan pihak penjual. Untuk itu perlu digunakan asuransi kredit ekspor. Dengan menggunakan asuransi kredit ekspor maka para eksportir dapat lebih merasa aman dalam melakukan seluruh transaksi internasional.

Pembiayaan ekspor impor pada dasarnya memberikan kepastian dan keamanan bagi para pelaku bisnis. Jadi para pebisnis nantinya dapat sellau melakukan proses transaksi termasuk di pasar global.

Baca Juga: Transaksi Lebih Mudah, Otomatis dan Real Time dengan API Disbursement

Dengan menggunakan pembiayaan yang tepat maka setiap pelaku bisnis dapat mengoptimalkan peluang bisnis. Termasuk pula di dalamnya terdapat suatu tindakan yang dapat mengurangi risiko yang mungkin terjadi.

Namun sebelum menggunakan pembiayaan ekspor impor tentunya para pelaku bisnis perlu memahami segala macam persyaratan dengan baik. Tidak hanya itu saja tetapi juga prosedur dan mekanisme prosesnya juga perlu dipahami.

Konsultasikan kebutuhan pembiayaan Anda dengan ahli keuangan atau perbankan agar mendapatkan solusi yang tepat dan sesuai dengan bisnis yang dijalankan.

Hal tersebut dikarenakan di era masa kini pastinya pembiayaan ekspor impor menjadi elemen penting dalam menjalankan bisnis internasional.

Gunakan Jack untuk kebutuhan bisnis Anda

itsjack.com

Dengan memanfaatkannya pembiayaan ini dengan baik maka pelaku bisnis dapat membuka lebih banyak peluang dan mengembangkan aktivitas perdagangan lintas negara.

5 Syarat IPO Perusahaan Untuk Diketahui Bagi Para Pengusaha

Previous article

5 Manfaat Bisnis Afiliasi yang Perlu Diketahui Semua Orang dan Mengapa Bisnis Kecil Anda Harus Memulai Program Afiliasi?

Next article

You may also like